Mengurus IMB sendiri ternyata sangat mudah.

Cara mengurus dan membuat IMB sendiri tanpa bantuan calo sebenarnya mudah asal syarat dan kelengkapan dalam mengurus IMB lengkap, kondisi juga tidak bermasalah. Saya bilang mudah jika anda sudah memiliki kriteria yang wajib anda perhatikan sebelum mengajukan IMB itu sendiri :

kelengkapan dalam mengurus IMB rumah


1. Harus memenuhi syarat administrasi dahulu.
Yahh dimana-mana kudu rajin ngurus administrasi mengenasi status tanah, izin pengeringan jika di lahan basah. jangan sampai ini jadi sasaran empuk untuk biokrasi. Salah2 anda membangun rumah di areal yang sebenarnya sawah maka ijin itu tidak akan bisa keluar atau sulit keluar.

2. Mengetahui ketentuan teknis
Meliputi Sempadan bangunan, kepadatan dan ketinggian bangunan, sirkulasi dan parkir bagi bangunan bisnis, rencana pemetaan, ruang terbuka, prasarana.

3 Memenuhi keandalan bangunan
Meliputi fungsi bangunan, kemananan dan keselamatan, kesehatan, kelengkapan bangunan.

Nahh,, anda wajib memenuhi kriteria di atas, setidaknya jangan menabrak aturan dahulu, untuk selanjutnya cara pengurusan IMB, syarat dokumen yang anda butuhkan adalah :
  • Formulir permohonan IMB yang bisa anda minta di Instansi brsangkutan
  • FC KTP Pemilik atau pengurus
  • Surat kuasa apabila pengurusan diwakilkan.
  • FC pelunasan PBB terakhir.
  • FC Ksertifikat tanah sah(akta jual beli)
  • Gambar rancangan arsitektur
  • FC Surat Izin Bekerja Arsitektur.


Jika kelengkapan diatas sudah lengkap isi formulir dan berikan pada instansi, di beberapa kota sekarang pengurusan IMB sudah bisa dilakukan di Perijinan 1 atap. Nah kurang lebih 20 hari ijin akan keluar dan anda sudah siap untuk membangun. Sebenarnya tidak perlu menunggu 20 hari asal tidak ada revisi atau komplain dari petugas yang mengurusi IMB tersebut.
Semoga berguna cara mengurus IMB tanpa calo berdasarkan pengalaman pribadi saja.