Cara Menghitung Kebutuhan Kusen Untuk Rumah Idaman

Cara Menghitung Kebutuhan Kusen Untuk Rumah Idaman, untuk memasang kaca , daun jendela, atau pintu perlu dibuatkan bingkai yang kokoh. Bahan yang bida dibuat kusen bis dari bahan kayu, alumunium, fiber dan plastik besi.
daftar harga kusen


A. Kusen Kayu
Untuk menghitung kebutuhan kusen kayu bisa dihitung dengan perhitungan berikut ini :
1. Kayu = 1,2 m3
2. Paku = 2,5 Kg
3. Lem Kayu = 1 Kg
Perhitungan di atas adalah perkiraan untuk lm3 kusen pintu atau jendela anda. Kayu yang digunakan untuk kusen biasanya berukuran 6/15 untuk dinding bata dan 6/12 untuk dinding batako. Model kusen kayu biasanya memaki jalusi atau tidak dan biasanya di bagian atasnya akan dipasangi rooster sebagai sirkulasi udara.

B. Kusen Alumunium
Kusen alumunium dipasang setelah dinding selesai dikerjakan. Jika pemasangan kusen dilakukan bersamaan dengan pemasangan dinding alumunium akan kotor dan akan merusak lapisan alumunium. Karena alumunium tidak terlalu kuat maka pemasangan menggunakan sekrup dan fisher yang bagus.
Untuk menghitung kebutuhan kusen alumunium biasanya cukup dengan mengukur panjang kusen dikalikan harga satuan alumunium biasanya bahan 6 meter.

C. Kusen Fiber atau Plastik
Kusen ini terbilang murah karena ukurannya sudah dipaskan dari pabrik, jadi anda tinggal beli satuan saja.

D. Kusen Besi
Kusen besi biasanya dihitung per m2, harga juga tergatung jenis besi, biasanya kusen ini ditaruh di pagar belakang atau depan rumah sebagai jalan masuk awal.

Bagaimana dengan perbandingan harga jenis kusen baik dari alumunium, kayu, besi, maupun fiber masing-masing memiliki elebihan dan kekurangan. Anda bisa memakainya sesuai kebutuhan dan tempat. Dari kelima kusen kayu tetap menjadi pilihan utama dengan kelebihannya yang awet tapi kelemahannya adalah harga kusen kayu sekarang sangat mahal.