Media Yang Bisa Anda Pakai Untuk Tanaman Hias Rumah (Taman)

Memilih Media Yang cocok dipakai Untuk Tanaman Hias Rumah (Taman), beberapa pertimbangan dalam penggunaan media tanam bunga hias adalah sifat tisik dan kimiawi media tersebut, seperti berat jenis, kapasitas penyerapan air, porositas, pH, dan kapasitas tukar kation. Nah disini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan media tanam tanaman hias. Ada beberapa jenis :
1. Media Pasir.
Jarang digunakan secara tunggal tanpa campuran medi lain, kelebihannya yaitu meningkatkan berat jenis, mengurangi aerasi, dsbg. pasir sering digunakan dalam campuran bahan organik.

2. Vermikulit
Mempunyai kapasitas tukar kation yang tinggi, terutama saat basah dan padat. Vermikulit dapat menurunkan berat jenis. Bahan ini sangat cocok jika dicampur dengan media yang kurang serap airnya.

3. Perlit
Perlit adalah produk mineral berbobot ringan, daya serap air rendah. bila digunakan campuran bisa mengurangi berat jenis

4. Tanah Liat Berkapur
Media tanah liat berkapur memiliki daya serap rendah, dengan kandungan garam yang berlebih. Biasanya media ini memiliki kapasitas tukar ion rendah.

5. Serbuk gergaji
Media serbuk gergaji sangat tergantung dari jenis kayunya. Sangat cantik tetapi kadang bahan ini mengandung bahan yang berbahaya bagi tanaman

6. Noss gambut dan kompos

7. Pupuk kandang
Pupuk kandang mengandung garam tinggi jadi harus dicuci dahulu. Sangat tidak cocok untuk campuran medi taman dalam ruang karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
media tanaman hias


Untuk mengetahui media yang paling baik dipakai untuk tanaman rumah anda juga harus menentukan tempat yang sesuai. tentunya jangan sampai anda salah menempatkan media karena kurang bagus baik estetika maupun fungsi. Penjual media tanaman banyak tersedia dengan harga murah, biasanya anda bisa memesan di daerah pegunungan misalnya daerah bogor untuk wilayah jakarta, atau media tanaman di jakarta juga sudah banyak yang menjual.