Istilah dan Pengertian Dalam Ilmu Membatik

Pengertian beberapa istilah dalam membatik kain, seperti nglowong, nembok, medel, mengerok. dan juga urutan langkah dalam membatik
Mula-mula kita menyiapkan kain mori, untuk batik tulis perlu disiapkan dahulu kain yang sudah dipola dan campuran lilin. Jika semua alat dan bahan sudah siap kita bisa melakukan membatik. Berikut ini kami jelaskan tentang istilah dalam membatik dan urutannya.
1. Pengertian Nglowong.
Nglowong adalah pekerjaan pelekatan lilin yang pertama dan lilin ini merupakan kerangka motof batik yang diinginkan.
2. Pengertian nembok
Nembok adalah menutup bidang-bidang kain setelah diklowong dengan lilin yang kuat. Pada tempat atau bidang yang tertutup lilin tembokan nantinya akan tetap berwarna putih.
3. Pengertian Medel
Medel dalam ilmu batik adalah memberi warna biru tua pada kain setelah kain dibatik cap atau dibatik tulis. Untuk kain sogan kerokan, medel adalah proses pewarnaan pertama yang diberikan pada kain.
4. Pengertian mengerok
Mengerok adalah menghilangkan lilin batik pada bagian tertentu, cara mengerok lilin dengan menggunakan semacam pisau dari kaleng yang ujungnya dibengkokkan atau disebut juga dengan cawuk.
5. Pengertian Mbironi
Mbironi adalah pekerjaan yang dilakukan untuk menjaga warna biru atau warna putih tidka kemasukan warna lain. Bagian yang kan diwarnai biru ditutupi dengan lilin dahulu.
6. Pengertian Menyoga
Menyoga adalah memberi warna cokelat pada batik, untuk kain batik solo dan yogya menyoga dilakukan sebagai pewarnaan terakhir.
7. Pengertian melorod
Melorod adalah proses menghilangkan lilin batik secara keseluruhan. Jika kit menghendaki kain ada yang berwarna putih maka kita harus menutupi lagi dengan lilin.
8. Mengepres dan menyetrika
Proses menyetrika dalam batik dilakukan setelah kering, kain batik yang akan dicuci dan diberi kanji dipres dan disetrika dangan suhu yang tidak terlalu panas supaya warna batik tidak berbah.

Nahh, sebenarnya istilah dalam ilmu membatik itu sangatlah banyak, di atas hanya sedikit saja beberapa istilah dalam membatik. Kebanyakan istilah tersebut juga berasal dari bahasa jawa yang kita kurang mengetahuinya. Bagi yang sedang belajar membatik teruslah belajar dengan rajin untuk meneruskan salah satu warisan leluhur kita ini. Motif dan model batik baik dari kota solo, yogyakarta, pekalongan dan bahkan batik dari beberapa kota seperti motif batik semarang, pati, salatiga, blora, klaten semua sudah memiliki ciri khas batik sendiri-sendiri di setiap kota maupun kabupaten. Pasar batik sekarang masih luas hingga luar negeri banyak peminatnya.