Menggunakan Atap Ijuk dan Rumbia Sebagai Atap Gezebo, Rumah Makan dan Saung.

Penggunaan model atap ijuk dan atap rumbia sebagai bahan gazebo dan rumah makan, restoran tradisional. Kelebihan dan kekurangan atap ijuk dan rumbia.
Atap rumah dari ijuk dan rumbia merupakan atap rumah yang bahannya diperoleh dari pohon atau dari alam. Untuk pohon rumbia banyak tumbuh di rawa denganbpanjang daun biasanya 8 - 12 meter. Disini kita akan membahas satu persatu apa kelebihan dan juga kekurangan penggunaan atap dari daun rumbia dan atap ijuk sebagai bahan atap untuk rumah gazebo, rumah makan / pemancingan.
1. Atap daun rumbia
Jaman sekarang menggunakan atap daun rumbia bukan karena tidak punya duit, justru kebanyakan di daerah metropolitan jenis atap ini banyak digunakan sebagai bahan atap untuk restoran berkelas dengan nuansa alami tentunya. Seperti rumah makan back to nature. Untuk Kelebihan dari penggunaan atap rumbia adalah - Lebih berkesan alami
- Menimbulakn kesan susana baur bagi tamu
- Ringan dan murah tentunya

Kekurangan menggunakan atap rumbia sebagai bahan atap rumah :
- Daya tahan hanya 4 tahun
- Sulit diperoleh di pasaran
- Sulit diperbaiki dan diganti
- Rawan bocor jika hujan lebat.
Untuk mengakali biasanya pengembang atau pemborong melapisi bagian bawah atap rumbia dengan esbes atau seng untuk melindungi dari kebocoran tanpa meninggalkan kesan unik dan alaminya.

2. Atap Ijuk
Ijuk adalah serabut yang diperoleh dari tanaman aren yang tumbuh di daerah pelepahnya. Penggunaan ijuk lebih populer dibanding atap rumbia yang biasanya digunakan sebagai atap motel, rumah makan, dan rumah-rumah tradisional. Cara pemasagan atap ijuk harus berada kira2 kemiringan 40 derajad karena bentuknya sendiri tidak melebar. Tips agar penataan ijuk bisa rata maka digunakan papan / triplek sebagai alas.
Kelebihan menggunakan atap ijuk dalam pembuatan motel, gazebo, rumah makan :
- Terlihat alami dan membuat kesan baru
- Ketahanan sampai 80 tahun.
- Harga bahan murah.

Kekurangan / kelemahan atap ijuk ;
- Sulit melakukan penggantian
- Rawan bocor jika hujan deras.
- Bahaya kebakaran mengancam karena mudah terbakar.
kesan rumah tradisional dengan atap ijuk, atap rumbia, untuk gazebo, atap rumah makan
Berikut adalah beberap pertimbangan penggunaan atap ijuk dan rumbia sebagai gazebo atau saung di halaman rumah anda. Nuansa tradisional akan sangat nampak jika anda memberikan atap diatas di rumah anda. Tentu setiap orang memiliki kesukaan masing-masing. Tentu untuk menghindari bocor anda harus melapisi dengan esbes di bawahnya, sehingga anda bisa mengambil sisi tampilannya saja. Semoga ulasan kelemahan dan keunggulan atap rumbia dan ijuk di atas bermanfaat untuk anda pelanggan Toentang Gallery indonesia