Tips Merawat Kerajinan Gerabah Agar Tidak Retak dan Tahan Lama

Tips cara merawat kerajinan gerabah agar awet, tidak retak dan tahan lama, karena proses pembuatan kerajinan gerabah tidaklah mudah.
Gerabah merupakan seni kerajinan yang terbuat dari bahan dasar tanah liat yang dibakar kemudian menjadi bentuk yang disesuaikan dengan keinginan pembuat. Karena bahn dasarnya dari tanah liat tentu benda ini memiliki ketahanan yang kurang atau rentan terhadap retak dan rusak. Jika anda memiliki kerajinan berbahan gerabah di rumah, kami akan memberikan sedikit tips yang bisa anda lakukan untuk perawatan kerajinan gerabah agar terhindar dari kerusakan seperti pecah, retak, dan juga bisa awet tentunya, untuk langkahnya silahkan anda ikuti petunjuk kami berikut :
1. Carilah jantung pisang atau ujung jantung buah pisang.
2. Potong jantung pisang tadi agar keluar getahnya.
3. Oleskan getah yang keluar dari jantung pisang dengan merata ke seluruh bagian kerajinan gerabah.
4. Keringkan di bawah sinar matahari.
tips merawat kerajinan gerabah dari rusak dan retak
Anda sudah tau bukan sekarang tentang cara merawat kerajinan gerabah agar tidak mudah pecah, gerabah sendiri banyak dibuat di daerah jogja yaitu daerah kasongan. Jika anda berkunjung ke jogjakarta jangan lupa mampir ke pusat kerajinan gerabah disana, kalau harga disana memang lebih murah karena tempatnya memang banyak pembuatnya. Sedikit tips tentang cara merawat dan memperbaiki kerajinan gerbah dari retak dan rusak. semoga bermanfaat.