Jangan Asal Dalam Membuat Ventilasi Udara di Rumah, Berikut Ini Tipsnya!

Cara dan tips membuat ventilasi udara di rumah, kamar tidur, ruang makan, dapur yang benar, sesuai dengan kaidah kesehatan udara dan kesejukan di dalam rumah.
Membuat ruangan sejuk merupakan salah satu tugas dari benda yang satu ini, disebut dengan ventilasi. Jika anda kurang tepat dalam perencanaan desainnya maka hasilnya tentu tidak akan sebanding dengan fungsinya. Maka kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum kita membuat sebuah ventilasi rumah, beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan antara lain adalah mengenai penempatan dari posisi. Langkah-langkah berikut inilah yang harus anda lakukan sebelum anda mendesain sebuah rumah.

  • Buat ventilasi di bawah atap sehingga akan terjadi aliran udara dingin dari bawah ke atas. Arah aliran udara dalam horisontal terjadi ke jendela yang bersebrangan. Sementera aliran arah angin terjadi ke arah vertikal dari lantai ke atap. Ini terjadi karena udara di sekitar atap lebih panas dibanding lantai
  • Ventilasi yang baik adalah ventilasi yang bersebrangan, ini artinya anda bisa membuat ventilasi dari dua arah misalnya selatan dan jendela di utara rumah. Hal ini disebut dengan cross ventilation.
  • Selain sebagai sirkulasi udara cegah juga hewan yang tidak diinginkan masuk melewati ventilasi udara, dengan memasang kawat kasa pada ventilasi, terutama lubang ventilsi bawah atap. Ventilasi menjadi sangat penting untuk tempat-tempat seperti kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, kamar anak dll sehinga hindari juga masuknya hewan yang akan membahayakan keluarga kita.


Berapa ukuran ventilasi rumah yang dianjurkan?
Ventilasi ruangan yang dianjurkan adalah 1/3 dari luas lantai ruangan, misalnya kita memiliki ruangan 3 x 5 m, maka ventilasi yang dibutuhkan adalah ukuran kurang lebih 5 meter. bisa dijadikan menjadi beberapa bagian sehingga rumah dan ruangan anda akan lebih sejuk dengan adanya ventilasi.