Tips menghemat biaya pembangunan rumah? Kenapa tidak..

Tips menghemat biaya bahan bangunan dan strukturnya.
Hal penting yang wajib diperhatikan sebelum membangun rumah hemat, tips konstruksi bangunan hemat.
Struktur bangunan saat kita membangun rumah memiliki pengaruh yang lumayan besar dalam anggaran pembangunan, kadang biaya ini bisa mencapai 50% dari biaya pembangunan rumah total. Tentu saja anda harus tau bagaimana cara menekan biaya ini sehingga bisa tidak membengkak. Sebaiknya rumah disesuaikan dengan bentang dengan struktur paling maksimal dengan demikian penggunaan bahan material tidak menyisakan bahan banyak.
Tips untuk kontruksi dan bahan bangunan hemat untuk mencegah sisa tidak terpakai adalah sebagai berikut :
1. Ukuran rumah
Pastikan ukuran rumah anda merupaka ukuran yang genap, atau kalau tidak merupakan kelipatan angka panjang bahan material. Untuk baja ukuran 3 m, 6m dan 9 m adalah ukuran paling ideal jika anda menggunakan rangka baja ringan misalnya. Untuk beton kelipatan 4 meter merupakan paling ideal.

2. Bentuk rumah
Bentuk rumah persegi atau persegi panjang jauh akan lebih hemat ketimbang anda membangun rumah segitiga atau ovale. Dari sisi material bentuk bangunan melengkung akan menyisakan bahan bangunan yang tidak sedikit.

3. Lahan rumah
Lokasi lahan yang rata akan menghemat biaya anda, tidak usah ada pengurukan dan pondasi yang terlalu tinggi.

4. Kondisi cuaca
sebaiknya indari daerah banjir, rawan gempa longsor dsbg

5. Sumber daya manusia
Sebaiknya anda memilih tukang dan mandor yang sudah andal, jika anda punya banyak waktu lebih baik anda menunggu sendiri pekerjaan bangunannya karena tentu hasilnya akan lebih meuaskan sesuai kesukaan anda. Jangan sampai anda menyesal denganhasil pekerjaan tukang yang tidak sesuai dengan selera anda dan hasil yang asal-asalan karena anda salah pilih tukang dan mandor.

Berikut adalah tips untuk anda sebelum merencnakan membangun sebuah rumah murah, ada beberapa hal wajib yang harus diperhatikan agar anda bisa menghemat biaya bahan bangunan.