Jenis Sistem Instalasi Air Bersih Di Rumah

Jenis dan macam-macam instalasi air bersih di rumah dibagi menjadi 2 jenis yaitu sistem tertutup dan terbuka. Keduanya memiiki perbedaan yang mencolok yaitu pada sistem aliran airnya.Mari kita bahas satu persatu mengenai 2 jenis sistem isntalasi air bersih tersebut yang bisa anda gunakan untuk desain tandon air pam dan air bersih lain.

Sistem tertutup.
Instalasi pipa air bersih dengan sistem tertutup adalah ujung pipa yaitu letaknya di hilir menyambung kembai dengan pipa yang ada di awal. Sistem ini disebut juga dengan sistem pemipaan memutar / loop.

Sistem Terbuka. 

Sebaliknya kedua ujung pipa hilir dan hulu tidak menyambung. keuntungan dari sitem ini adalah di semua aliran pipa memiliki tekanan air yang sama rata, berbeda dengan sistem tertutup di bagian ujung dan paling rendah biasanya akan memiliki tekanan air yang tinggi. Kekurangan sistem tertutup juga banyak membutuhkan pipa untuk desainnya. dan akhirnya biaya juga akan membengkak.


Berikut adalah 2 sistem instalasi yang bisa anda gunakan untuk air bersih di rumah, kebanyakan dari kita memang menggunakan sistem terbuka karena dilihat dari segi ekonomisnya memang jauh lebih hemat. Sistem tandonlah atau tempatpenyimpanan airlah yang menjadi kunci wajib untuk kebutuhan air bersih di rumah karena anda tidak perlu was-was lagi jika tiba-tiba air pam mati.