Fakta Mana Yang Lebih Murah Antara Batako Press dan Batu Bata Biasa.

Mari membandingkan kelebihan dan kekurangan dua elemen dinding antara batu bata dan batako mana yang lebih hemat digunakan untuk dinding. 
Apakah benar penggunaan dinding batako press bisa lebih hemat dari batu bata, jika dihitung dengan hitungan maka dalam satu meter kita membutuhkan 20 batako press untuk tiap 1m2, padahal harga satu batako press berkisar 1500 rupiah, berarti 1 m2 dibutuhkan biaya 30 ribu. Nah sekarang berapa harga untuk satu meter persegi dinding dengan batu bata. Setidaknya dibutuhkan 60 buah batu bata dengan harga per bata 400 rupiah, jadi anda hanya mengeluarkan biaya 24 ribu. Ternyata batu bata lebih hemat jika ukurannya adalah satu meter persegi. 
Namun anda tidak perlu senang dulu dengan menggunakan batu bata, karena saat dilakukan plester aci, batu bata lebih banyak menggunakan banyak material dan juga aka membutuhkan waktu lebih lama. Hitungan hemat batu bata jika dinding tidak dilakukan plester dan aci maka akan menjadi lebih hemat. 
Kelebihan dari batu batako yang lai adalah ketahanan terhadap api, bahan ini mampu bertahan dari api hingga 4 jam, sedangkan batu bata lebih cepat yaitu hanya 2 jam.  Namun jika dilihat dari kekuatan daya tekan maka batako masih kalah dari batu bata merah kualitas yang biasa.
Nah jadi anda tidak bingung lagi kan, mana bahan yang bisa anda manfaatkan, sesuai kebutuhan anda jika anda menggunakan tanpat finishing maka anda bisa memanfaatkan batu bata karena lebih irit, sedangkan jika anda ingin pengerjaan cepat dan juga ketahanan terhadap api maka anda bisa memanfaatkan batako press. semoga bermanfaat mengenai kelebihan dan kekurangan dari batako press dan bata merah.