Jangan Asal Beli Cat, Bedakan Mana Interior dan Eksterior?

Mengenal perbedaan kelebihan dan kekurangan cat interior dan eksterior untuk bangunan dinding rumah.
Apa jadinya jika kita menggunakan cat interior untuk tempat eksterior?, ada yang bertanya seperti itu mungkin dari sebagian pembaca, yah tentu jawabnya adalah bisa, namun apakah bisa awet, tentu tidak akan karena bahan dan campuran untuk cat interior dan eksterior itu sangatlah berbeda. Saat ini kebanyakan para produsen cat sudah menggunakan bahan akrilik untuk jenis cat eksterior, alasannya adalah karena cat jenis ini lebih tahan terhadap panas dan hujan, daya lekat yang tinggi dan juga bisa bisa tahan dari jamur dan lumut. Nah mungkin jika anda menggunakan cat interior ceritanya akan menjadi lain, cat akan mudah mengelupas, akan mudah ditumbuhi lumut dan juga jamur.

perbedaan cat interior dan eksterior dan apa kelebihannya?

Jika dibalik, karena cat eksterior lebih kuat, apakah bisa ditaruh untuk interior?
 jawabannya sama bisa, namun sebaiknya anda menghindarinya. Karena cat interior memang didesain untuk bisa melindungi keluarga anda dari zat berbahaya yang terkandung dalam cat, jadi kandungan untuk cat interior lebih aman. Jadi pertimbangan kesehatanlah yang menjadi pertimbangan utama. 

Berapa lama biasanya daya tahan cat eksterior?
Kebanyakan daya tahan cat untuk wilayah luar rumah para produsen memberikan estimasi hingga 5 tahun. Namun semua itu juga sangat tergantung dari daerah tersebut, dan juga tergantung dari benar atau tidaknya aplikasi cat. Jika salah maka itu juga bisa menjadi salah satu penyebab mudah rusaknya cat eksterior anda. 

Apa saja kelebihan dari cat eksterior berdasarkan fungsinya?
  1. Cat jenis eksterior memiliki sifat yang menguntungkan seperti :
  2. Tahan terhadap kotoran dan debu karena tidak mudah melekat.
  3. Tahan jamur dan lumut karena air sendiri tidak bisa menempel dan merembes di permukaan cat.
  4. Daya tahan dan daya rekat yang tinggi. 
  5. Memiliki kandungan anti UV untuk melawan sinar matahari.