Hambatan Yang Diahadapi Pengrajin Anyaman Saat Ini!

Bisa dibilang kerajinan anyaman terutama dari bahan alam memang memiliki segmen pasar tersendiri, namun karena bukanlah menjadi kebutuhan utama setiap orang menjadikan pasarannya kadang ramai dan kadang juga sepi. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah bagi beberapa pengrajin. Namun saat ini melambungnya harga bahan baku seperti rotan dan pandan anyaman mentah setengah jadi. Menjadikan kesulita tersendiri bagi para pengrajin. Tidak ubahnya dengan bahan baku eceng gondok yang saat ini mulai sulit dicari. Walaupun sering kita lihat bahan eceng gondok ini di danau dan rawa, namun sebenarnya tidak semua bisa dipakai. Ukuran yang besar dan bagus sesuai umurlah yang bisa dipakai dan digunakan dengan baik.

Namun dengan kualitas yang bagus harganyapun saat ini juga mulai naik, seiring dengan rumor adanya kenaikan BBM dan lain-lain. Begitu fluktuatifnya kondisi ini menjadikan pengrajin bingung untuk menaikkan harga pasarannya karena tentu pembeli akan berpikir untuk  membeli jika mahal.
Kreatifitas dari pengrajin memang mutlak diperlukan karena setiap tahun mereka harus berusaha untuk menciptakan model tersendiri dan spesial dibandingkan tahun sebelumnya. Misalnya saat ini sedang booming perumahan minimalis. Maka pengrajin giat untuk membuat model dan desain yang memang pas digunakan untuk rumah minimalis.

Kesimpulannya adalah harga bahan baku saat ini memang masih memberatkan bagi para pengrajin, Pemerintah juga harus berupaya untuk meningkatkan taraf hidup para pengrajin dengan sering mengadakan pameran dalam taraf besar sehingga akan mengundang para pembeli yang bisa membantu meningkatkan omset pengrajin kecil dan menengah.