Pertimbangan Antara Membeli Air Cooler Atau Air Conditioner (AC), Mana yang lebih baik?

Kelebihan dan kekurangan menggunakan air cooler dan AC, mana yang labih baik?
Mari kita mempertimbangkan antara dua buah pendingin ruangan yang biasnya kita gunakan untuk menyejukkan ruangan. Yaitu antara air conditioner dan juga air cooler. memang ada pertimbangan yang harus anda tau sebelum membeli. Jadi dibelakaang anda tidak menyesal setelah menggunakannya. Hal yang pertama adalah pertimbangan dari segi biaya saat membeli, harga air cooler tentu lebih murah dibandingkan AC, dan selain itu juga dari segi perawatan air cooler lebih irit karena anda pun bisa membersihkannya sendiri di rumah. Hanya dengan lap basah dan sikat anda bisa membersihkan terutama daerah saringan anginnya. namun memang alat ini harus sering dibersihkan karena jika tidak akan beresiko bau dan juga bisa ditumbuhi jamur.

Pertimbangan ke dua adalah dari segi efektifitas, untuk  AC memang bisa menjangkau ruangan yang luas. Walaupun secara daya listrik membutuhkan lebih besar, misalkan AC yang 1/2 pk saja sudah membutuhkan kurang lebih 300 watt, maka air cooler hanya membutuhkan daya sekitar 70 s.d 80 Watt. Dalam hal ini air cooler masih unggul. Namun kekurangannya adalah anda harus repot memasukkan air es jika anda menginginkan kndisi ruangan menjadi lebih dingin,, dan itupun terbatas untuk ruangan yang kecil saja.

Pertimbangan ketiga adalah ditilik dari segi kesehatan, sebaiknya jika diguanakan dalam jangka waktu yang lama air coler memang sebaiknya dihindari karena akan membuat ruangan menjadi lembab, apalagi anda juga tinggal di daerah lembab, maka pertimbangan untuk menggunakan AC lebih disarankan untuk menjaga kesehatan anda dan ruangan anda agar tidak ditumbuhi jamur dan kuman.

Nah sekarang anda bisa pilih sendiri sesuai kebutuhan kira-kira mana yang pas sesuai kebutuhan anda, bijaklah dalam membeli karena jika kita sudah cukup menggunakan air cooler maka kita tidak perlu lagi menggunakan AC, namun juga tetap harus melihat beberapa pertimbangan di atas baik untung dan ruginya