Kelemahan Kayu Glugu yang Digunakan Untuk Bahan Bangunan Rumah

Tidak bisa dipungkiri lagi harga kayu saat ini sudah jauh dari kata wajar. Hukum alam akan berlaku ada harga maka akan ada kualitas, disitulah kita harus beralih untuk memilih kayu dengan harga hemat namun kualitas yang sepadan. Dan ada yang memilih kayu glugu atau pohon kelapa. Memang banyak yang menyampaiak kelebihan. Namun dibalik itu tentu setiap yang ada di dunia ini ada kekurangannya. Apa saja kah itu :

kekurangan atau kelamahan kayu glugu
  • Glugu yang tidak memenuhi umurnya maka akan cenderung cepat rusak, dan disukai rayap. Umur yang bagus untuk glugu adalah diatas 30 tahun, dan itupun yang bisa anda manfaatkan adalah bagian mulai akar sampai 3 meter dibawah manggar atau batang pohon kelapa.
  • Bagian luar atau kulit glugu adalah bagian terkuat, maka jika anda ingin memanfaatkannya sebagai blandar maka pilihlah glugu yang menyentuh bagian luar atau kulitnya. dan sebaiknya hindari bagian hati atau bagian dalam
  • Glugu tidak begitu cocok digunakan sebagai usuk, atau penyangga genteng karena memang mudah melengkung, apalagi dengan bentangan 3 s.d 4 meter sangat tidak disarankan. Kalau 2 s.d 2,5 meter masih dalam jangkauan dengan catatan kayu tua. Untuk mengatasinya anda bisa selang seling dengan kayu lain seperti jati atau kalimantan jadi lebih kuat dan anda bisa irit
  • Jika anda menggunakan glugu sebagai usuk maka siapkan paku beton, bisa juga dengan paku biasa namun yang menjadi masalah adalah lebih lama, apalagi dalam kondisi kayu sudah kering. Lebih baik anda mengalahi membeli paku beton daripada tukang lama mengerjakannya dan membuat biaya tukang menjadi bengkak.
  • Glugu sulawesi atau NTT dan lainnya bukanlah jaminan kualitas baik, saya lebih menyarankan anda mencari sendiri glugu yang mash hidup jadi anda tau kekuatannya, umurnya, dan yang bagus adalah yang daunnya sudah meranggas atau mau mati, dan tidak mau berbuah kelapa lagi.
Nah itulah beberapa fakta unik mengenai kayu glugu ini, saya rasa  juga tidak adil jika hanya menampilkan kekurangan kayu ini karena ternyata juga ada banyak sekali kelebihannya. Jadi jangan takut pintarlah memilih dan mempertimbangkan budget anda sesuai kemampuan.