5 Penyebab paling Sering Terjadi Pada Keretakan Plafon

 Jika kita menemui plafon retak di rumah anda, maka anda patut curiga, kira kira penyebabnya apa. namun jika anda tidak ngeh dengan keretakan itu maka disini kami akans sdikit memberikan gambaran mengenai 5 penyebab paling sering terjadi pada keretakan plafon. Baik jenis GRC, maupun plafon dengan gypsum.

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk memasang plafon, pemilihan bahan ini sangatlah penting karena setiap bahan mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri, namun jangan khawatir anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa pladon anda. Jika anda menggunakan GRC jangan digunakan untuk area eksterior atau kena air karena memang bahan ini jika terkena matahari langsung juga kurang baik. 

penyebab plafon retak yang paling sering
Nah tidak perlu panjang lebar kira kira apa saja penyebab keretakan itu :
  1. Rangka plafond ari kayu yang bermasalah. Rangka ini biasanya menjadi penyebab masalah utama keretakan, walaupun orang sudah memilih jati atau kalimantan sebagai rangka namun bagaimana juga bahan ini tetap bahan kayu yang memiliki titik muai dan pergerakan yang membuat plafon bergerak, jika anda ingin baik maka anad bisa menggunakan besi hollow saja
  2. Bahan penutup yang tidak stabil karena pengaruh cuaca, ternyata bahan eternit memiliki kestabilan tinggi namun kekurangannya memang bahan ini rapuh dan mudah patah.
  3. Cara pengomfonan yang tidak benar jga menjadi masalah, komfon pada setiap jenis bahan itu berbeda jadi bagi yang tidak tau mungkin bisa saja akan salah pilih bahan yang menyebabkan masalah di kemudain hari
  4. Rangka tidak sesuai standart juga bisa menjadi masalah, kurang kuat dan tidak sesuai standart sehingga tidak kuat menahan beban.
  5. Getaran di atas plafon bisa jadi karena pemasangan instalasi listrik, gerakan bangunan rumah karena konstruksi tidak bagus. 

Nah berikut adalah penyebab yang paling sering menjadi masalah keretakan pada plafon baik bahan GRC, Gypsum jayaboard maupun bahan lain eternit.