Dibalik kelebihan Baja Ringan Ternyata ada Juga Kelemahannya, Ini Ulasannya

Sekarang ini eranya baja ringan, karena jenis penyangga atap ini memang dikenal memiliki banyak kelebihan, kelebihan baja ringan sendiri yang jelas adalah dari sisi biaya yang lebih murah dari kayu. Yang membuat murah adalah dari biaya pemasangannya. Simak juga perbandingan baja ringan dengan kayu. Pemasangan rangka atap kayu membutuhkan waktu lebih lama karena harus dipaku, di gergaji, diukur secara tradisional. Berbeda dengan baja ringan yang saat ini sudah dibantu dengan software komputer yang hitungannya tentu lebih tepat. Untuk memperkirakan kebutuhan baja ringan cara menghitungnya juga bisa anda lakukan sendiri dengan tehnik ini.

Lalu apa anda tau apa saja kelemahan dari menggunakan atap baja ringan, ternyata ada juga loh kelemahan baja ringan ini. Dan bisa fatal juga jika terjadi kesalahan dalam pemasangan. Jadi jangan yang dibayangkan hanya kelebihannya saja, kita juga harus tau apa kekurangannya. Berikut ini kami ulas edikit mengenai kekurangan dari pemasangan atap baja ringan :

  • Kekurangan baja ringan pertama dari baja ringan adalah tidak bisa diekspose, jadi jika anda membangun rumah dengan sistem setengah setengah alias semampunya, kalau anda berhenti di tengah jalan maka kerangka baja ringan ini kurang cocok, baja ringan kurang bagus jika tidak ditutup dengan plafon, dan terlihat merusak pemandangan jika tanpa penutup. Jadi plafon sangat wajib bagi rangka atap baja ringan.

  • Nah ini yang penting gan, karena atap baja ringan ini berbentuk seperti jaring maka antara bagian satu dengan yang lain itu saling berhubungan. Jika ada salah satu bagian tidak memenuhi syarat maka bagian lain akan ikut terseret dan otomatis ambruk semua. hal ini tidak akan anda temukan pada rangka kayu, jika patah satu maka yang rusak ya bagian itu saja dan anda cukup mengganti bagian itu saja. Inilah fungsinya perawatan pada baja ringan. Setiap tahun setidaknya anda harus cek apakah ada sekrup longgar sehingga bisa dikencangkan lagi menghindari ambruk nya atap. Hindari juga plafon berat yang menyangga baja ringan, untuk mengatasinya anda bisa menambahkan balok kayu sebagai penyangga plafon dan nanti bisa melindungi keluarga anda jika sewaktu waktu rangka atap baja ringan ini ambruk. Pemasangan rangka juga harus dilakukan oleh ahli yang benar benar pengalamand an berani memberikan garansi lama.

  • Kekurangan baja ringan selanjutnya adalah bahan ini tidak fleksibel, tidak seperti kayu yang misal terlalu berat menopang dia akan melengkung dulu, kalau baja ringan tidak kuat maka langsung patah atau ambruk. Bahan ini tidak cocok jika digunakan sebagai atap untuk rangka rumah tradisional.


Dari beberapa kelemahan baja ringan di atas anda tidak perlu khawatir, solusinya adalah serahkan pada orang yang benar benar ahli dan berpengalaman. Begini cara mengetahui penyedia baja ringan bagus, jangan berikan pada penyedia yang ecek ecek, harga murah, dan asal asalan, karena ini juga menyangkut keselamatan anda dan keluarga anda di rumah. Sedikit saran dan tips dari kami toentang-gallery indonesia.