Dimana Pengrajin atau Pembuat Busur Panah dan Anak Panah Bagus dan Murah?

Tahukah anda ternyata jika anda berada di daerah semarang, jogja, salatiga, kudus, surabaya, jakarta. Anda bisa pesan busur panah bagus untuk olahraga archerry di rumah bersama anak di pengrajin kota solo.

Hari ini saya sengaja menyempatkan untuk jalan jalan sama teman untuk mencari busur panah dan anak panah, tepatnya kami pergi ke kota solo. Perjalanan kami tempuh kurang lebih sekitar 1,5 jam dari kota salatiga. karena masih nuansa lebaran jadi jalan masih ramai hiruk pikuk mobil yang kebanyakan plat B alias plat ibukota. Kenap sih kok cari busur panah aja jauh sampai ke solo. Inilah yang menjadi alasan saya dan ketertarikan saya terhadap dunia panah, yang pertama memang olahraga panahan adalah olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, dan yang kedua karena saya sering melihat teman main panahan dan inilah yang membuat saya tertarik untuk membelinya.

Dimana lokasi pengrajin anak panah berkualitas bagus dan murah ini ?

Kalau tidak salah namanya adalah Bp. Eddy, rumahnya ada di laweyan kota solo. tepatnya deket dengan GOR Sriwedari. Kalau udah sampai sana tanya aja pengrajin panah pasti sudah pada tau. Karena memang beliau sudah terkenal. Tukang becak, penjual sate saya kira sudah tau semua. Kalau denger dari cerita beliau juga bekas atlit panahan di jamannya.

[caption id="attachment_2292" align="aligncenter" width="225"]pengrajin busur panah bagus dan murah di kota solo pengrajin busur panah bagus dan murah di kota solo[/caption]

Berapa harga busur panah dan anak panah?

Sebenarnya kalau ditanya harga pasti jawabnya relatif dan tergantung kualitas, kalau mau beli ya setidaknya bawa uang 2 juta an lah buat beli satu set busur sama anak panah. Kalau pas dolar naik bawa 3 juta juga boleh, karena ternyata onderdil panahan ini juga ada yang impor dari korea yang harganya tergantung terhadap dolar.

Berapa lama pemesanan untuk pembuatan busur panahan?

Kalau mau pesen sebaiknya jauh jauh hari, karena bapak yang satu ini ternyata sudah full banget bahkan sampai 2 bulan baru bisa buatin. Saking banyaknya pesenan. Kalau saya lihat sih emang bagus hasilnya. Yang mesen dari berbagai kalangan, mulai dari pemerintah, pondok pesantren, sekolah, dll. Dan inilah yang bikin penuh.

Bahan kayu untuk membuat handel busur panah?

handel busur panah dibuat dari berbagai jenis kayu, mulai dari kayu sawo, sonokelinn, dll. Namun katanya sih yang bagus kayu sawo.

Itulah cerita saya yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang ingin memesan, atau membeli busur panah (untuk olahraga archerry). Sekedar tips kalau anda gunakan untuk pemula sebaiknya beli yang biasa saja karena hanya untuk olahraga dan tidak mengejar medali.  Jadi olahraga dapet, namun budget juga tetap irit, karena siapa tau istri di rumah kagak iklas ketika anda membeli panah ini. :D