Cara Aplikasi Cat Pelindung Batu Alam Yang Benar (Coating)

Membuat rumah dengan banyak batu alam ternyata ada kelemahan juga, terutama pada permukaan batu alam tersebut yang memilki pori besar, kira kira apa masalahnya jika porinye besar, tentu ada karena dengan besarnya pori maka akan memperbesar kemungkinan terjadinya lumut, jamur dan debu yang menempel di batu alam.


cara coating batu alam yang benar

Di pasaran sudah banyak tersedia stone protector alias pelindung batu alamd ari panas dan hujan. namun sebenarnya jika aplikasi tidak baik maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Kali ini sahabat toentang gallery kami akan memberikan sedikit tips bagaimana cara aplikasi stone protector atau cat pelapis batu alam yang baik dan benar :

  • Usahakan setelah pemasangan batu alam selesai segera saja untuk aplikasi pelindung batu alam tersebut. Jika anda menunggu lama maka yang terjadi adalah pori pori batu alam yang besar sudah terlanjur kotor dan terkena debu. Jika sudah terlanjur maka anda wajibmembersihkan batu alam dari debu dan lumut dengan cara penyikatan.

  • Untuk aplikasi dengan kuas sebaiknya gunakan teknik seperti menganyam, pertama kita aplikasikan dengan vertikal, tunggu sampai kering sekitar sehari, maka lapisi lagi coating dengan jalur horisontal, jadi nanti kita akan mendapatkan lapisan yang benar benar rapat dan menutupi pori

  • Coating biasanya hanya bertahan selama 3 tahun, jadi jika sudah lewat waktu tersebut anda harus melapisi dengan coating baru, caranya sama anda harus bersihkan dahulu permukaan batu alam dengan bersih baru anda aplikasikan.

Di pasaran ada beberapa pilihan mengenai jenis coating ini, biasanya ada yang berwarna tranparan dan ada juga yang hitam. Untuk harga di pasaran stone protector di jual dengan harga 56 ribuan untuk 1 liter catnya. Kalau di aplikasikan bisa digunakan untuk 8 sampai dengan 10 meter persegi permukaan batu alam. namun bisa juga lebih boros jika batu alam yang di cat adalah batu alam dengan pori besar seperti batu candi dan semisalnya.