Mengenal Lantai Kayu Oriented Strand Board (OSB) dan Harganya

Apa itu Lantai Kayu Jenis Oriented Strand Board / osb?

Rasa rasanya banyak dari sebagian kita masih baru dan awam dengan lantai kayu OSB ini, termasuk saya yang barusan saja baca di majalah rumah dan lagi ngeh juga kalau ada jenis lantai kayu dengan nama lantai OSB, dalam pengertian awam lantai OSB adalah lantai yang dibuat dari sejenis kayu olahan yang memang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mirip dengan kayu. Secara tampilan tentu sangat mirip dengan kayu dan teksturnya pun terlihat seolah olah seperti serbuk kayu yang di gergaji dan di lem. Tapi ingat ini bukan kayu partikel itu ya yang biasanya buat furniture meja, tempat komputer, meja anak, namun ini adalah kayu yang kuat dan memang bisa digunakan sebagai lantai tangga maupun lantai rumah pada umumnya.

osb

Berapa ukuran pada umumnya untuk lantai kayu OSB ini?

Ukuran atau dimensi sebuah lantai biasanya dihitung berdasarkan meter ataupun lembar, namun untuk jenis lantai ini memang dihitung berdasarkan lembat dengan dimensi panjang x lebar x tinggi adalah 250 cm x 125 cm x 1,5 cm. Jadi bisa kita bayangkan benda ini cukup lebar hampir mirip dengan kalsiboard namun lebih tebal dan kuat.

 

Berapa harga jual lantai oriented strand Board (OSB) ini per lembarnya?

Dari beberapa sumber yang kami tanyakan harga perlembar untuk jenis lantai OSB ini dijual pada kisaran 380 ribu sampai dengan 450 ribuan. itu juga bisa tergantung dari corak dan keindahan model. Semakin bagus dan sulit tentu harganya juga akan sedikit naik Sama juga seperti harga keramik atau granit.

 

Apa yang menjadi kelebihan dan keuntungan dari Lantai kayu OSB?

Di amerika lantia OSB baru dikenal masyarakat sekitar tahun 2004 dan 2005, dan dulunya memang bahan ini digdang gadang sebagai pengganti kayu lapis, dengan alasan keawetan dan kekuatan tinggi. Saat ini penggunaan bahan OSB juga bisa digunakan pada tempat lain selain lantai seperti dinding, sub pelapis lantai, balok web dan panel atap. Dan ternyata dibalik keawetan bahan ini ternyata bahan digunakan bukanlah kayu yang harus besar cukup menggunakan kayu kecil dan banyak ranting pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan OSB, Hal ini dikarenakan nanti akan diproses lagi dan direkatkan dengan resin anti air.