Wajib Dibaca, Sebelum Cari Rumah Kontrakan

Bagi pengantin baru, atau mahasiswa yang bingung nyari kontrakan rumah, maka ada hal wajib yang harus dipersiapka, Hal ini seperti Standart Operasional Prosedur sebelumn ngontrak rumah dalam bahasa gaulnya. Kenapa sih harus ada SOP. Tentu kalau semua ga pakai SOP biasanya akan keblinger di belakangnya.

minimalis

Wajib anda perhatikan mengenai langkah langkah sebelum memutuskan rumah kontrakan ini diambil atau cari yang lain dulu.

  1. Sesuaikan biayanya dulu atau budgetnya, jangan sampai ngiler dengan harga lebih mahal dikit, dan akhirnya nambah nambah lagi sampai budget membengkak. Karena kontrak rumah juga kadang kita harus mikir isi rumahnya.

  2. Perhatikan jangka waktu pembayaran, kalau ada pilih yang bulanan atau maksimal 6 bulan. Ini kalau ada dan jika tidak bisa maka akan saya jelaskan di poin akhir selanjutnya.

  3. Pertimbangan lokasi kontrak mau dipakai untuk apa, jika untuk bisnis maka pilihlah daerah ramai, sudah banyak pendukung, atau jalur lambat. Dan jika anda hanya ingin menggunakan sebagai tempat tinggal saran saya pilih tempat yang sejuk, sepi dan jauh dari lalu lalang kendaraan bermotor. Supaya anak juga bebas bermain di halaman rumah tanpa harus kita awasi sepenuhnya.

  4. Jangan hanya melihat dari rumah yang bagus namun tidak ada isinya seperti lemari dan dan tempat tidur. Kalau disuruh milih maka isi ini lebih penting dari tampilan rumah yang sempurna. Toh ini juga kontrakan bukan rumah kita. Jika ga ada isinya nanti kita harus beli lahi lemari tempat tidur dan akhirnya biaya kontrak sama isi rumah mahalan isi rumahnya. Padahal nanti kita bisa saja pindah lagi dan sebagian kayu kalau sering dipindah pindah rentan rusak.

  5. Perhatikan sanitasi, kebersihan lingkungan sekitar, bukan daerah endemi demam berdarah misalnya, atau penyakit lain.

  6. Nah ini yang paling penting adalah surat perjanjian rangkap dua yang nantinya akan diberikan kepada pengontrak dan pemilik kontrakan. Sebaiknya karena ini adalah perjanjian bersama maka harus memuat beberapa item atau hal seperti lama waktu, cara pembayaran bulanan/tahunan, bagaimana jika pindah di tengah jalan. Serta memuat hak dan kewajiban pengontrak dan pemilik kontrakan. Ini menjadi penting karena menghindari sengketa saat ada masalah di kemudian hari.