4 Tips Wajib Agar Cat Dinding Luar Rumah Tidak Kusam, Terkelupas dan Pecah Pecah

Cara menghindari cat bagian eksterior rumah dari cuaca yang berakibat pada tampilan yang kurang menarik seperti kusam, kadang ada juga yang pudar, retak retak dan akhirnya terkelupas. menurut penjelasan dari ahli cat ada beberapa hal wajib yang harus anda tau, bahkan tukang cat panggilan pun kadang tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan kesalahan saat melakukan pengecatan di bagian luar rumah, Mari kita simak bersama hal apa saja yang wajib anda ketahui dan harus anda seiapkan ketika akan melakukan pengecatan di bagian eksterior dinding rumah kita, terutama bagian halaman depan.
cara agar cat dinding luar rumah tidak retak, pecah terkelupas dan kusam
Pertama adalah pilih warna yang terang atau cerah, kenapa bisa begitu karena warna cat yang cerah tidak membutuhkan campuran pigmen warna yang banyak, maka kekuatan cat akan lebih maksimal, sebagai contoh mudah misalkan kita ibaratkan cat itu adalah sebuah lem dengan warna dasar putih, ketika kita ingin membuatnya menjadi warna hijau atau biru maka kita harus mencampurkan dengan pigmen warna cair, dan hasilnya maka jadilah adonan dan sangat jelas itu akan mengurangi kekuatan lem tadi alam menempel. Ini dalam contoh mudahnya. Warna bumi atau warna cokelat juga bisa menjadi pilihan jika anda ingin membuat fasad rumah dengan warna tua atau dominan.

Kedua adalah pilih cat jenis eksterior, jangan asal beli cat, kadang cat interior ditaruh di dinding depan, yang terjadi adalah cat bagian dalam ikut rusak karena rembesan air hujan yang ikut masuk dari bagian dinding luar. Pilih cat yang ada tulisan weathershield, ini menjadi tanda bahwa cat tersebut adalah pelindung dari cuaca panas dan hujan, jadi tingkat kerapatannya tinggi seperti kita menggunakan aquapro*f namun dalam bentuk cat. Ini dapat mencegah masuknya air hujan ke dalam rumah.

Ketiga adalah hindari pengecatan saat panas matahari kurang, nah ini juga bisa menjadi masalah, terutama cat weather shield ketika kita melakukan aplikasi pengecatan di saat cuaca mendung hasilnya tidak maksimal. Belum kering sempurna namun sudah terkena hujan, ini bisa menjadi masalah besar, cat yang belum kering tadi akan tergerus dan ketika kita lapisi lagi dengan cat baru maka akan tidak baik dan daya serap menjadi kurang karena air sudah keburu terserap masuk ke dalam dinding bata, bisa bisa malah air akan tertahan di dalam dan keluar melewati dinding dalam rumah yang menjadikan cat bagian dalam rumah menjadi retak atau pecah pecah.

Ke empat adalah dinding sebelum di cat wajib untuk dibersihkan, jangan asal cat saja, semahal apapun cat kalau tempat aplikasi buruk atau kotor maka daya tempel akan kurang bahkan mudah lepas, jadi ini menjadi perhatian sendiri, apalagi jika dinding tersebut sudah berlumut anda wajib membersihkanne dengan cara membersihkan dengan larutan kaporit agar jamur juga tidak tumbuh di dinding, jika sudah benar benar kering dan bersih baru anda aplikasikan cat dinding tadi.