Cara Memperbaiki Plafon Kusam Berjamur Karena Kebocoran Air Hujan

Plafon kadang indah di awal, namun lama kelamaan ternyata akhirnya pudar juga warnanya, bagian bagiannya juga lama lama pritili alias pada lepas sendiri, keluhan ini juga di alami par apemakai gypsum. Saat beberapa bulan pemasangan bagus namun ketika kualitas atap dipertanyakan dan ada kebocoran maka keindahan tersebut sirna dan berakhir. Pemilihan atap di awal memang penting, jadi jangan sampai anda menghabiskan banyak uang untuk membuat plafon namun kualitas atap atau genteng anda tidak maksimal. Kebocoran karena air hujan bisa saja terjadi. Sebelum anda memutuskan untuk memperbaiki warna yang kusam pada plafon maka anda harus cek dulu bagian atas genteng, jika ada yang pecah maka anda harus ganti, atau kerpus pecah sebaiknya segera tambal, sebelum kerusakan semakin parah.
memperbaiki plafon kusam berjamur

Nah kita mulai saja cara memperbaiki warna kusam plafon GRC, kalsiboard, atau gypsum karena kebocoran air hujan : 
  • Pertama kali adalah persiapan alat dan bahan, seperti kuas, tangga, bak roll, kuas, dan skrab.
  • Lakukan pembersihan dan bila perlu lakukan pengamplasan,
  • Jika anda yakin sudah  bersih maka jangan langsung di cat, lapisi dulu dengan cat alkali, hindari penggunaan cat kayu karena mudah menggelembung, cat alkali ini berguna untuk menjaga agar warna tidak timpang dengan sebelahnya yang belum rusak.
  • Setelah selesai cat dengan cat dinding saja, karena cat dinding lebih baik dari cat kayu atau besi jika digunakan untuk plafon.
  • Cat pertama tunggu sampai kering, campuran air adalah 10 % saja
  • Lanjutkan aplikasi ke dua cat dinding dengan campuran air dan cat 20 %. 
  • Sekarang silahkan lihat hasilnya.


Perlu anda perhatikan bahwa pengecatan plafon baru yang rusak memang hasilnya tetap sedikit agak berbeda, Namun lebih baik dari pada tampilan kusam dan tidak menarik lagi. Untuk tips jika anda ingin membuat plafon anti air maka anda bisa menggunakan shunda plafon, yaitu plafon anti air.