Mengenal Talang Air Awet dan Tahan Karat dengan Seng Alum,

Musim hujan sudah tiba, mungkin di rumah anda ada bagian talang yang sudah merembes airnya, ini pertanda talang anda sudah bocor. Kebanyakan jaman dahulu kita masih menggunakan seng biasa yang lama lama berkarat, dan ada juga jaman di mana kita menggunakan bahan seperti sintetis atau karet, namun bahan ini juga sama saja lam kelamaan kalah karena panas dan dingin cuaca. Nah saat ini saya punya referensi bagi anda kira kira bahan apa yang bisa digunakan sebagai talang air yang awet, anti karat dan tentu tahan lama.
jenis talang air rumah awet, tahan karat, dan tahan lama anti bocor

Sudah barang tentu barang yang tahan lama berasal dari logam, namun logam juga ada musuhnya yaitu karat, maka dari itu saya sangat menyarankan kepada anda belilah talangd ari bahan seng alum, atau orang di toko bangunan banyak menyebutnya dengan talang galvalum. Bentuknya mirip dengan talang biasa, karena kemarin saya baru saja membeli maka saya juga akan jelaskan berapa harga per meter untuk talang dari bahan galvalum atau sejenis alumunium ini.

Kemarin untuk talang ukuran lebar sekitar 90 cm, harga permeter dijual 37.500 rupiah. Karena saya lemarin butuhnya 10 meter saya harus bayar 375 ribu. Wah kalau dilihat nominalnya memang sangat mahal. Bayangkan permeter diatas 30 ribu. Kalau seng biasa itu di bawah 20 ribuan. Hampir separuhnya. Namun ingat, talang ini kan barang yang digunakan untuk jangka waktu lama, jadi investasi agak mahal tidak masalah karena ketika kita ganti juga harus bayar tukang, gabisa kita ganti sendiri. Tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Lebih baik beli yang bagus sekalian dari pada yang abal abal tapi beberapa tahun ganti lagi. Padahal saat ini cuaca panas dan dingin sangat ekstrem, Jadi ini akan mengurangi usia talang terutama jenis talang karet atau plastik.

Namun anda juga perlu ingat untuk pemasangan talang ini ternyata juga tidak mudah, jika anda ingin potong maka butuh gunting besar, karena model talang ini kaku dan susah di tekuk. Jangan terlalu di tekuk menyudut karena bisa membuat bolong. Anda harus berhati hati, kalau di lengkungkan boleh tapi jangan di lipat karena bisa merusak permukaan talang alum tadi.

Sedikit bahasan mengenai tips memilih jenis talang air rumah yang awet, kuat dan tahan lama. Pilih ini saja untuk jangka panjang. Karena jelas awetnya. jadi rumah kita juga terjaga dari bocornya air hujan yang bisa saja mengancam perabotan rumah kita.